PROPOSAL BISNIS


Proposal Bisnis





Nama Perusahaan        : D GoldenLightning
Alamat                              : Jl. Pahlawan Cibinong Kab.Bogor No 37.
Telepon                           : +62822********



Ringkasan Eksekutif

Kami sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa menjualnya dengan lancar. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat  rancangan INVERTER


 



Misi dan Visi Perusahaan


Visi :
Merancang inverter yang berkualitas dan memiliki ketahanan jangka panjang
Misi :  
n  Membuat produk yang berkulitas dan bernilai
n  Berusaha membuat inverter dengan harga murah
n  Terus berinofasi guna memenuhi kebutuhan konsumen


Sekilas Perusahaan

D GoldenLightning adalah perusahaan perakit inverter di Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.


Kepemilikan Perusahaan

D GoldenLightning adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh pemilik tunggal Aldi Tirto Sembodo.


Sejarah Singkat Perusahaan

D GoldenLightning adalah perusahaan perancang inverter . Didirikan pada 31 Februari 2019 oleh Aldi Tirto Sembodo. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Pahlawan Cibinong Kab.Bogor No 37 .


Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

D GoldenLightning Berlokasi di Jl. Pahlawan Cibinong Kab.Bogor No 37. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 10x10. Fasilitas yang ada yaitu Bar dan Coffe shop.


Produk

D GoldenLightning mempunyai dua divisi produk, yaitu Perancangan dan perakitan.



n  Perancangan

Merencanakan dan mendesain model inverter.

Perakitan

     Merakit darihasil sebuah rancangan.





Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk

Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam bentuk rancangan dan karakteristiknya. Pada setiap komponen kami yang menggunakan rakitan yang di rakit menggunakan robot yangberkerja secara detail dan menghasilkan rakitan yang presisi dan awet.


Analisis Pasar

Maraknya produk bajakan berkualitas bagus yang dijual murah di pasar tentu akan menjadi salah satu kendala dalam pemasaran produk kami. Namun begitu, kami berkeyakinan bahwa produk kami, masih bisa laku lantaran kami mengunakan bahan-bahan dengan ketahanan yang sangat extrim dan harga nya yang terjangkau.


Analisis Industri

Saat ini kami mengetahui bahwa ada banyak perusahaan komponen lokal yang sudah menjual produknya ke pasar, namun begitu kami tetap berkeyakinan kalau produk kami, Insya Allah masih bisa laku lantaran adanya perbedaan karakteristik. Selain itu, kami pun mengetahui bahwa mayoritas konsumen di negeri ini adalah tipe konsumen yang mengiginkan barang dengan kualitas bagus dengan harga yang sangat minim.


Peramalan Pasar

Jika nantinya dalam jangka menengah sudah terlihat hasilpenjualan di pasaran lokal, Insya Allah kami siap bersaing di pasar Internasional, khususnya guna memenuhi kebutuhan konsumen luar negri.


Strategi Pemasaran

Strategi kami bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja untuk melihat minat konsumen dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan kemajuan teknologi agar tetap mampu bersaing seiring berjalan nya perubahan jaman.


Organisasi

Perusahaan kami terdiri dari satu orang pendiri dan kepala divisi yang akan mengepalai setiap divisi yang dipimpinnya.

Divisi Produksi
n  Kepala Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
n  Product designer
n  Programmer
n  Photographer dan Writer

Divisi Keuangan dan Manajemen
n  Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
n  Akuntan
n  Administrasi

Divisi Operasional dan Pemeliharan
n  Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja. 
n  Teknisi
n  OB

Divisi Pemasaran
n  Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
n  Humas
n  Sales





Struktur Organisasi













Estimasi Biaya

Biaya Investasi

Perlengkapan kantor
n  4 buah meja kerja
n  4 buah cabinet
n  1 set kursi tamu
n  Dispenser
n  6 buah AC

Perangkat Keras
n  4 buah komputer  
n  Sebuah Scanner
n  Sebuah Printer


Perangkat Lunak
n  OS Windows  
n  MS office
n  MS Exel
n  CX-Programer
n  NB-Desiner



Total biaya investasi = xxxx

Biaya Operasional
n  Sewa ruko 2 lantai selama lima tahun
n  Listrik selama setahun
n  Telepon selama setahun
n  Perlengkapan kantor setahun
n  Kemasan 2000 buah


Total biaya Operasional = xxx

Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional

Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp. Xxx  + Rp. Xxx  = Rp. Xxxx


Pendapatan

1 produk setahun, harga penjualan x 2 x target penjualan = xxxx pertahun

Keuntungan

Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya


Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. xxx : Rp. xxx = xxx

R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan RP. xxx

Break Event Point (BEP)

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. xxx : Rp xxx = xxxx unit

BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. xxx : xxx unit = Rp. xxx/unit

Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak xxxx unit/tahun dan tingkat harga jual Rp. xxx/unit


Komentar

Postingan Populer