PROPOSAL BISNIS
Proposal Bisnis
Nama Perusahaan :
D GoldenLightning
Alamat :
Jl. Pahlawan Cibinong Kab.Bogor No 37.
Telepon :
+62822********
Ringkasan
Eksekutif
Kami
sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara
professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa menjualnya
dengan lancar. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat rancangan INVERTER
Misi dan Visi
Perusahaan
Visi :
Merancang
inverter yang berkualitas dan memiliki ketahanan jangka panjang
Misi :
n Membuat
produk yang berkulitas dan bernilai
n Berusaha
membuat inverter dengan harga murah
n Terus
berinofasi guna memenuhi kebutuhan konsumen
Sekilas
Perusahaan
D
GoldenLightning adalah perusahaan perakit inverter di Indonesia yang tersebar
di seluruh Indonesia.
Kepemilikan
Perusahaan
D
GoldenLightning adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh pemilik tunggal
Aldi Tirto Sembodo.
Sejarah
Singkat Perusahaan
D
GoldenLightning adalah perusahaan perancang inverter . Didirikan pada 31
Februari 2019 oleh Aldi Tirto Sembodo. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Pahlawan
Cibinong Kab.Bogor No 37 .
Lokasi
dan Fasilitas Perusahaan
D
GoldenLightning Berlokasi di Jl. Pahlawan Cibinong Kab.Bogor No 37. Tempat
usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 10x10. Fasilitas yang ada
yaitu Bar dan Coffe shop.
Produk
D
GoldenLightning mempunyai dua divisi produk, yaitu Perancangan dan perakitan.
n Perancangan
Merencanakan
dan mendesain model inverter.
Perakitan
Merakit
darihasil sebuah rancangan.
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Produk
Produk
kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam bentuk rancangan dan karakteristiknya.
Pada setiap komponen kami yang menggunakan rakitan yang di rakit menggunakan
robot yangberkerja secara detail dan menghasilkan rakitan yang presisi dan
awet.
Analisis
Pasar
Maraknya
produk bajakan berkualitas bagus yang dijual murah di pasar tentu akan menjadi
salah satu kendala dalam pemasaran produk kami. Namun begitu, kami berkeyakinan
bahwa produk kami, masih bisa laku lantaran kami mengunakan bahan-bahan dengan
ketahanan yang sangat extrim dan harga nya yang terjangkau.
Analisis
Industri
Saat ini
kami mengetahui bahwa ada banyak perusahaan komponen lokal yang sudah menjual
produknya ke pasar, namun begitu kami tetap berkeyakinan kalau produk kami,
Insya Allah masih bisa laku lantaran adanya perbedaan karakteristik. Selain
itu, kami pun mengetahui bahwa mayoritas konsumen di negeri ini adalah tipe
konsumen yang mengiginkan barang dengan kualitas bagus dengan harga yang sangat
minim.
Peramalan
Pasar
Jika
nantinya dalam jangka menengah sudah terlihat hasilpenjualan di pasaran lokal,
Insya Allah kami siap bersaing di pasar Internasional, khususnya guna memenuhi
kebutuhan konsumen luar negri.
Strategi
Pemasaran
Strategi
kami bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya
adalah bekerja untuk melihat minat konsumen dari waktu ke waktu menyesuaikan
dengan kemajuan teknologi agar tetap mampu bersaing seiring berjalan nya
perubahan jaman.
Organisasi
Perusahaan
kami terdiri dari satu orang pendiri dan kepala divisi yang akan mengepalai setiap
divisi yang dipimpinnya.
Divisi Produksi
n
Kepala Produksi
Bertanggung
jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
n
Product designer
n
Programmer
n
Photographer dan Writer
Divisi Keuangan dan
Manajemen
n
Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung
jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
n
Akuntan
n
Administrasi
Divisi Operasional dan
Pemeliharan
n
Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung
jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja.
n
Teknisi
n
OB
Divisi Pemasaran
n
Kepala pemasaran
Bertanggung
jawab dalam penjualan produk dan promosi.
n
Humas
n
Sales
Struktur
Organisasi
Estimasi
Biaya
Biaya
Investasi
Perlengkapan kantor
n
4 buah meja kerja
n
4 buah cabinet
n
1 set kursi tamu
n
Dispenser
n
6 buah AC
Perangkat Keras
n
Sebuah Scanner
n
Sebuah Printer
Perangkat Lunak
n
OS Windows
n
MS office
n
MS Exel
n
CX-Programer
n
NB-Desiner
Total
biaya investasi = xxxx
Biaya
Operasional
n
Sewa ruko 2 lantai selama lima tahun
n
Listrik selama setahun
n
Telepon selama setahun
n
Perlengkapan kantor setahun
n
Kemasan 2000 buah
Total
biaya Operasional = xxx
Total
Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional
Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya
Operasional
Rp. Xxx
+ Rp. Xxx = Rp. Xxxx
Pendapatan
1 produk setahun, harga penjualan x 2 x
target penjualan = xxxx pertahun
Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. xxx : Rp. xxx = xxx
R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha
tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang
dikeluarkan akan menghasilkan RP. xxx
Break Event Point (BEP)
BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. xxx : Rp xxx = xxxx unit
BEP Harga = Total Biaya : Total
Produksi
Rp. xxx : xxx unit = Rp. xxx/unit
Angkat
tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam
setahun mampu menjual produk sebanyak xxxx unit/tahun dan tingkat harga jual
Rp. xxx/unit
Komentar
Posting Komentar